Frequently Asked Questions (FAQ)
Jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan seputar BMT HSI.
Cari FAQ
Daftar Pertanyaan
- Apa saja syarat mendaftar menjadi Anggota BMT HSI?
- Saya belum jadi Santri HSI AbdullahRoy Aktif/Saya dulu pernah menjadi Santri HSI AbdullahRoy, tapi sudah tidak aktif. Bagaimana?
- Bagaimana prosedur pendaftaran menjadi anggota baru BMT HSI?
- Apa itu Simpanan Pokok, Simpanan Wajib dan Tabungan Sakinah? Bagaimana akadnya?
- Saya sudah pernah mengisi form pendaftaran namun belum membayar simpanan pokok dan simpanan wajib, apa yang harus saya lakukan?
- Saya sudah Download Aplikasi HSI LINK, sudah mengisi Formulir Pendaftaran & sudah dapat notifikasi pendaftaran, apa yang harus dilakukan?
- Saya kesulitan aktivasi Aplikasi HSI LINK, sudah aktivasi tapi kalau login muncul kode validasi lagi, lupa Username & Password, saya ganti HP, ganti Nomor WA, apa yang harus saya lakukan?
- Saya kesulitan aktivasi Aplikasi HSI LINK, ada notifikasi Nomor HP/Nomor Rekening/Nomor ID/KTP salah, apa yang harus saya lakukan?
- Bagaimana Cara Penggunaan Aplikasi HSI LINK?
- Bagaimana prosedur lupa password/username/ganti device?
- Apa itu SHU & apa syarat mendapatkan SHU?
- Bagaimana cara menghitung pendapatan & kapan pembagian SHU?
- Qadarullah saya tidak lagi dapat menjadi anggota BMT HSI, bagaimana cara melakukan pengunduran diri dari BMT HSI?
- Saya sudah menjadi anggota BMT HSI, apa saja syarat mengajukan pembiayaan murabahah ke BMT HSI?
- Saya seorang wirausahawan, bisakah saya mengajukan pembiayaan di BMT HSI?
- Bagaimana prosedur mengajukan/ alur pembiayaan murabahah BMT HSI?
- Apa saja layanan jual beli di BMT HSI?
- Kepada siapa saya harus berkonsultasi sebelum mengajukan pembiayaan murabahah ke BMT HSI?
- Ketentuan Kredit Properti Seperti apa?
- Saya dihubungi oleh seseorang yang mengaku dari tim BMT HSI, mohon konfirmasinya.
Apa saja syarat mendaftar menjadi Anggota BMT HSI?
- Santri HSI AbdullahRoy Regular AKTIF yang sudah masuk Silsilah 1 ke atas.
- Bisa langsung dibukakan Tabungan Sakinah.
- Pengajuan Pembiayaan Kredit Murabahah:
- Angkatan yang belum lulus silsilah 5.3: Setelah mendaftar menjadi anggota BMT HSI, belum bisa mengajukan Pembiayaan Kredit Murabahah. Syarat untuk pengajuan Pembiayaan Kredit Murabahah adalah telah lulus Silsilah 5.3 dan mendapatkan transkrip nilai terlebih dahulu.
- Angkatan yang telah lulus silsilah 5.3: Setelah mendaftar menjadi Anggota BMT HSI, bisa langsung mengajukan Pembiayaan Kredit Murabahah, khususnya untuk produk yang harganya di bawah 10jt. Jika harga produk di atas 10jt, termasuk Motor, Mobil & KPR Syari'ah, wajib menunggu minimal 3 bulan setelah menjadi anggota BMT HSI baru diperkenankan untuk pengajuan Pembiayaan Kredit Murabahah.
Saya belum jadi Santri HSI AbdullahRoy Aktif/Saya dulu pernah menjadi Santri HSI AbdullahRoy, tapi sudah tidak aktif. Bagaimana?
Afwan sebelumnya, BMT HSI hanya melayani Santri HSI ABdullahRoy Reguler AKTIF saja.
Jika saat ini Antum belum menjadi Santri HSI AbdullahRoy Reguler, kami persilakan mendaftar hingga menjadi santri aktif terlebih dahulu. Pendaftaran menjadi santri HSI AbdullahRoy ke sini: daftar.hsi.id.
Setelah mendaftar, maka Antum akan menerima NIP Resmi HSI AbdullahRoy (ex: ARNXXX-XXXXX utk yang Ikhwan/ARTYYY-YYYYY utk yang Akhwat) dan antum sudah resmi terdaftar sebagai Santri HSI AbdullahRoy Reguler.
Setelah AKTIF KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM) dan sudah masuk Silsilah 1, maka baru diperkenankan utk mendaftar menjadi Anggota BMT HSI.
Jika dahulu sdh pernah menjadi Santri HSI AbdullahRoy, tapi sudah tidak aktif lagi, antum bisa mendaftar ulang menjadi Santri HSI AbdullahRoy tanpa harus mengulang dari Silsilah awal, tapi cukup dari titik aman di Silsilah terakhir. Silahkan hubungi CS Leveling berikut ini utk informasi lebih lengkap nya: leveling.hsi.id.
Bagaimana prosedur pendaftaran menjadi anggota baru BMT HSI?
Silahkan dipelajari terlebih dahulu:
- A. BROSUR BMT HSI: s.hsi.id/brosur_bmthsi
- B. VIDEO TUTORIAL PENDAFTARAN: http://s.hsi.id/tutorialdaftar_bmthsi
Langkah-langkah pendaftaran:
- Download & instal aplikasi HSI LINK via PlayStore/Apple Store berikut:
- Android (Indonesia): https://s.hsi.id/hsi-link
- iOS: https://s.hsi.id/hsi-link-ios
- Android (Luar Negeri): https://s.hsi.id/hsi-link-global
- Persiapkan foto diri, KTP & SS Profil edu.hsi.id antum.
- Klik Menu Daftar di bagian bawah aplikasi.
- Isi Form Permohonan menjadi Anggota.
- Klik Tabungan Sakinah.
- Isi lengkap data diri. PENTING: Isikan NIP HSI Antum di Kolom NPWP (ARN/ART XXX-XXXXXX) !!
- Buat tanda tangan.
- Upload foto yg sdh dipersiapkan.
- Klik Selanjutnya sd selesai & muncul notifikasi via WA ke nomor antum.
- Tunggu verifikasi dari petugas BMT HSI.
- Kirimkan Foto KTP & SS Profil edu.hsi.id utk verifikasi data antum.
- Tunggu notifikasi pembukaan rekening via WA ke nomor antum.
- Gunakan nomor rekening Poin 12, Nomor KTP & Nomor WA antum, utk Aktivasi Aplikasi HSI LINK.
- Kirim Kode Validasi.
- Tunggu validasi dari petugas BMT HSI.
- Setelah divalidasi Aplikasi siap digunakan.
- Siapkan biaya pendaftaran sebesar 303.000 :
- Simpanan Pokok 250.000
- Simpanan Wajib 50.000
- Biaya admin TopUp 3.000
- TopUp Saldo di Aplikasi HSI LINK sebesar 303.000.
- Klik Menu Transaksi & cari Pembayaran Simpanan Pokok 250.000 & Simpanan Wajib 50.000. Selesaikan proses pembayaran.
- Setelah selesai pembayaran Simpanan Pokok & Simpanan Wajib, maka Antum resmi menjadi Anggota BMT HSI. Tunggu informasi selanjutnya oleh Admin BMT HSI.
- Setelah data calon anggota divalidasi, tetapi ybs tidak melakukan TopUp Saldo di Aplikasi HSI LINK lebih dari 2 pekan, maka akun ybs akan dinonaktifkan & jika ybs ingin melanjutkan proses pendaftarannya, maka bisa mengisi ulang Form Pendaftaran.
- Setelah calon anggota TopUp Saldo di Aplikasi HSI LINK, tetapi tidak melakukan pembayaran Simpanan Pokok & Simpanan Wajib Pendaftaran lebih dari 1 pekan, maka admin BMT HSI berhak memindahkan otomatis TopUp Saldo tersebut untuk pembayaran Simpanan Pokok & Simpanan Wajib Pendaftaran, agar proses pendaftarannya segera selesai.
Apa itu Simpanan Pokok, Simpanan Wajib dan Tabungan Sakinah? Bagaimana akadnya?
1. Simpanan Pokok
- Dengan Akad Hibah, jadi tidak bisa diambil kembali.
- Sebagai uang pendaftaran.
- Nominalnya Rp250.000,- (Akad Hibah).
- Hanya 1x dibayarkan saat pendaftaran dan sifatnya wajib untuk aktivasi pembukaan rekening.
2. Simpanan Wajib
- Dibayarkan rutin tiap bulan.
- Boleh dirapel sekaligus beberapa bulan jadi 1x setoran di depan.
- Nominalnya Rp50.000,- tiap bulan.
- Berdasarkan Akad Musyarakah/Syirkah yaitu menggalang dana untuk tujuan pembagian keuntungan.
- Bisa diambil jika Anggota berhenti menjadi Anggota BMT HSI (karena Meninggal dunia, permintaan sendiri, dikeluarkan oleh BMT atau BMT membubarkan diri).
- Tidak bisa serta merta diambil, sebelum adanya Rapat Anggota BMT Tahunan & berdasarkan ekuitas/hasil untung-rugi usaha BMT HSI.
- Nominal yang dikembalikan berdasarkan ekuitas BMT HSI & proporsi nominal Simpanan Wajib terhadap keseluruhan dana modal terpakai dalam tahun buku yang dimaksud.
- Sebagai patokan pembagian Sisa Hasil Usaha/SHU.
- Semakin besar Simpanan Wajib, maka semakin besar pula nominal SHU yg diterima.
- Pembayaran Simpanan Wajib di awal mendaftar sifatnya wajib untuk aktivasi pembukaan rekening.
3. Tabungan Sakinah = Simpanan Salam = Saldo Utama HSI LINK
- Sifatnya seperti tabungan pada umumnya. Tidak menjadi persyaratan wajib aktivasi pembukaan rekening.
- Dengan Akad Qardh. (anggota meminjamkan dananya kepada BMT dan tidak ada tambahan manfaat atas simpanan anggota. BMT wajib mengembalikan dana anggota kapanpun jika sewaktu-waktu diminta. BMT boleh memanfaatkan dana untuk kegiatan usaha dan BMT berhak atas keuntungan yang didapat dari usaha tersebut).
- Di Aplikasi HSI LINK masuk di Saldo Utama saat TopUp.
- Nominal setoran bebas tanpa minimum maupun maksimum.
- Bisa diambil sewaktu-waktu.
- Tanpa biaya rutin bulanan.
- Tanpa ada tambahan.
- Dapat digunakan untuk Tabungan Umrah, DP Pembiayaan Kredit Murabahah, Pendidikan, dan kebutuhan lain, bebas sesuai keinginan anggota.
- Simpanan ini dapat digunakan dalam program musyarakah BMT HSI.
- Semakin besar tabungan sakinah yang dikumpulkan, maka semakin besar peluang yg dapat disalurkan oleh BMT HSI untuk Layanan Pembiayaan Kredit Murabahah. Harapannya, keuntungan yg diperoleh BMT HSI juga semakin besar & secara tidak langsung Anda telah membantu dalam operasional dakwah HSI AbdullahRoy, karena, 20% dari keuntungan BMT HSI akan dialokasikan untuk kepentingan operasional dakwah HSI AbdullahRoy.
Saya sudah pernah mengisi form pendaftaran namun belum membayar simpanan pokok dan simpanan wajib, apa yang harus saya lakukan?
Silakan mengirimkan pesan ke tim CS BMT HSI berikut: wa.me/6282219922001.
Saya sudah Download Aplikasi HSI LINK, sudah mengisi Formulir Pendaftaran & sudah dapat notifikasi pendaftaran, apa yang harus dilakukan?
- Kirimkan Foto KTP & SS Profil edu.hsi.id utk verifikasi data antum ke Nomor CS BMT HSI 01 (pastikan ini nomor yang benar atau sebutkan "CS Keanggotaan").
- Tunggu notifikasi pembukaan rekening via WA ke nomor antum.
- Gunakan nomor rekening di notifikasi WA (01026000000XXXX), Nomor KTP & Nomor WA antum (Format 08XXXXXXXXXX), utk Aktivasi Aplikasi HSI LINK. (Nomor rekening diinfokan dari Nomor Notifikasi & BroadCast BMT HSI).
- Kirim Kode Validasi.
- Tunggu validasi dari petugas BMT HSI.
- Setelah divalidasi Aplikasi siap digunakan.
- Untuk langkah 7-12 terkait pembayaran, lihat "Prosedur pendaftaran menjadi anggota baru BMT HSI".
Saya kesulitan aktivasi Aplikasi HSI LINK, sudah aktivasi tapi kalau login muncul kode validasi lagi, lupa Username & Password, saya ganti HP, ganti Nomor WA, apa yang harus saya lakukan?
- Silahkan lakukan AKTIVASI ulang.
- Klik Menu AKTIVASI di pojok kanan bawah Aplikasi HSI LINK Antum.
- Gunakan nomor rekening 01026000000XXXX utk Aktivasi ulang. Nomor rekening diinfokan dari Nomor Notifikasi & BroadCast BMT HSI.
- Atur ulang juga Username & Password akun antum. Pastikan :
- Mengaktifkan tombol CAPSLOCK/HURUF BESAR sebelum mengatur Username & Passwordnya.
- Username & Password, Wajib kombinasi HURUF BESAR & ANGKA saja.
- Minimal 5 digit & maksimal 10 digit.
- Username & Password tidak boleh sama.
- Tidak boleh ada karakter (- @ # _ dll) & spasi.
Saya kesulitan aktivasi Aplikasi HSI LINK, ada notifikasi Nomor HP/Nomor Rekening/Nomor ID/KTP salah, apa yang harus saya lakukan?
- Kirim KTP & SS Profil HSI untuk kroscek data antum (ke CS terkait).
- Pastikan Nomor Rekening Sukarela/Tabungan Sakinah/Simpanan Salam yang diisikan sesuai, biasanya diawali dengan angka 01026000000XXXX.
- Tunggu verifikasi & koreksi data oleh petugas BMT HSI.
- Jika sudah ada info dari petugas, silahkan ulangi proses AKTIVASI nya.
Bagaimana Cara Penggunaan Aplikasi HSI LINK?
A. TATA CARA TOP UP HSI LINK
- Klik login dan masukkan username serta password lalu klik login.
- Klik Top up Dompet.
- Klik Buat Virtual Account.
- Pilih Bank Penyedia VA, BSI atau BNI.
- Copy nomor Virtual Account.
- Ikuti petunjuk top up pada aplikasi.
Nb: Ada biaya topup sebesar 2.000 via VA BSI & 3.000 via VA BNI.
Video Tutorial: s.hsi.id/tutorialtopup_bmthsi
TOP UP Via M-Banking BSI, menggunakan VA BSI:
- Klik Menu Bayar
- Klik Institusi
- Nama Institusi = Diisi Kode Institusi (2226)
- Kode Bayar = Diisi Nomor VA antum
TOP UP Via Byond BSI, menggunakan VA BSI:
- Klik Menu > Bayar & Beli
- Klik Angsuran
- Ketik BMT HSI
- Isikan nomor VA BSI
- Isikan nominal
- Klik lanjutkan sd selesai.
TOP UP Via Flip, menggunakan VA BNI:
- Klik Menu > Transfer
- Klik Rekening Bank
- Klik Tujuan Baru
- Pilih BNI
- Isikan Nomor VA BNI Antum
- Cek Rekening > Muncul Nama Antum BMT HSI
- Isikan Nominal Transfer
- Lanjutkan
- Pilih Metode Transfer dari rekening antum
- Lanjut dengan Transfer Bank
- Silahkan Transfer Antar Bank sesuai petunjuk di Flip.
Video Tutorial (Top Up selain BSI via VA BSI): https://youtu.be/VCu7VWgvFog?si=7Jxh8kP81g2aSxmq
TOP UP Via M-Banking selain BSI, menggunakan VA BSI:
- Klik Menu Transfer Antar Bank
- Pilih bank tujuan BSI
- Isikan Nomor VA BSI Antum dgn format: 900+Kode Institusi+Nomor VA (Contoh: 9002226XXXXXXXX)
- Isikan Nominal Transfer
- Pilih Layanan Transfer > Online (BI Fast belum support)
- Lanjutkan sd selesai.
TOP UP Via M-Banking selain BSI, menggunakan VA BNI:
- Klik Menu Transfer Antar Bank
- Pilih bank tujuan BNI
- Isikan Nomor VA BNI Antum
- Isikan Nominal Transfer
- Pilih Layanan Trasnfer > Online (BI Fast belum support)
- Lanjutkan sd selesai.
B. PEMBAYARAN SIMPANAN WAJIB & POKOK
- Klik Menu Transaksi.
- Scroll ke bawah sd Simpanan dan Angsuran Pembiayaan.
- Klik Menu yg mau dibayarkan, misal Simpanan Wajib.
- Klik Simp Pokok Wajib.
- Klik Simpanan Wajib.
- Klik Nominal Setoran.
- Isi Nominal dgn kelipatan 50rb/bulan. Kalau mau bayar lebih, bisa dikalikan jumlah bulan yg mau dibayarkan.
- Ketik Password.
- Klik Simpan Transaksi Setoran.
- Selesai.
Video Tutorial: s.hsi.id/tutorialbayarsimpanan_bmthsi
C. CARA PEMBAYARAN SIMPANAN WAJIB LEBIH DARI 1 BULAN
- Klik Menu Transaksi.
- Scroll ke bawah sd Simpanan dan Angsuran Pembiayaan.
- Klik Menu yg mau dibayarkan, misal Simpanan Wajib.
- Klik Simp Pokok Wajib.
- Klik Simpanan Wajib.
- Kalau ada keterangan Informasi Tunggakan Setoran, berarti ada Tanggungan Simpanan Wajib yg belum selesai.
- Jika nominal 50.000, maka hanya ada 1 tanggungan Simpanan Wajib 1 bulan terakhir saja yg belum lunas.
- Jika lebih dari 50.000, maka ada tanggungan Simpanan Wajib yg belum lunas sesuai jumlah nominal nya dgn kelipatan 50.000/bulan. Pembayaran Simpanan Wajib akan otomatis langsung mengcover bulan sebelumnya yg masih tertunggak jika belum selesai dibayarkan, tidak otomatis mengcover Simpanan Wajib bulan saat dibayarkan.
- Semua anggota BMT HSI hanya bisa membayar Simpanan Wajib sd bulan Desember tiap tahunnya.
- Kalau mau bayar utk beberapa bulan sekaligus juga bisa. Silahkan klik Nominal Setoran. Isikan dgn total nominal yg mau dibayarkan dgn kelipatan 50.000. Misal mau bayar 4 bulan, berarti diisi 200.000, 8 bulan diisi 400.000 dst sd 1th diisi 600.000.
- Kemudian ketik Password Transaksi = Password login.
- Lanjutkan sd selesai.
D. PROSEDUR PENARIKAN TABUNGAN HSI LINK
- Klik login dan masukkan username serta password lalu klik login.
- Klik Transaksi.
- Klik Transfer ke Bank.
- Klik Transfer ke Bank, pilih rekening, masukkan nominal dan bank tujuan dan nomor rekening tujuan.
- Pastikan sesuai nominal dana nomor rekening dan tujuannya. lalu klik transfer.
Nb: Ada biaya penarikan sebesar 5.500.
Video Tutorial: s.hsi.id/tutorialpenarikan_bmthsi
E. BIAYA ADMIN HSI LINK
A. TOP UP
- Via BSI: 2.000
- Via BNI: 3.000
B. TARIK SALAM/TABUNGAN SAKINAH
- Biaya admin: 5.500/transaksi
- Maksimal 5jt/hari (bertahap akan dinaikkan setelah aplikasi stabil)
- Di atas 25jt bisa menggunakan manual Slip Penarikan
Bagaimana prosedur lupa password/username/ganti device?
- Silahkan lakukan Aktivasi ulang.
- Klik Menu AKTIVASI di Aplikasi HSI LINK.
- Gunakan nomor rekening 01026000000XXXX utk Aktivasi.
- Setelahnya silahkan diatur ulang juga Username & Password akun antum.
- Pastikan:
- Mengaktifkan tombol CAPSLOCK sebelum mengatur Username & Passwordnya.
- Username & Password, Wajib kombinasi HURUF BESAR & ANGKA saja.
- Minimal 5 digit & maksimal 10 digit.
- Mohon dicatat Username & Password akun HSI LINK Antum agar tidak kelupaan.
Apa itu SHU & apa syarat mendapatkan SHU?
Sisa Hasil Usaha (SHU) merupakan pendapatan BMT yang diperoleh dalam satu tahun buku dikurangi dengan biaya yang dapat dipertanggungjawabkan, penyusutan, dan biaya lainnya termasuk Pajak dan Zakat yang harus dibayarkan dalam tahun buku tersebut.
Syarat mendapatkan SHU bagi anggota BMT HSI adalah telah melunasi simpanan wajib pada tahun buku tersebut.
Bagaimana cara menghitung pendapatan & kapan pembagian SHU?
Secara umum, porsi SHU bagi anggota BMT HSI adalah 40% dari total seluruh SHU. Dari porsi tersebut, akan dibagi kembali sesuai dengan proporsi kepemilikan dana dari anggota terhadap keseluruhan modal.
Perhitungan dilakukan setiap bulan berjalan dalam satu tahun buku, namun untuk pembagiannya akan dilakukan setelah satu tahun buku penuh dilalui dan RAT telah disetujui oleh semua anggota.
Qadarullah saya tidak lagi dapat menjadi anggota BMT HSI, bagaimana cara melakukan pengunduran diri dari BMT HSI?
Prosedur Pengunduran Diri Menjadi Anggota BMT HSI
- Pengunduran Diri Menjadi Anggota BMT HSI hanya boleh dilakukan minimal setelah 6 bulan bergabung menjadi anggota BMT HSI.
- Jika mengundurkan diri, maka hanya Simpanan Wajib & Simpanan Salam/Tabungan Sakinah yang bisa diambil kembali.
- Jika mengundurkan diri, maka setelahnya tidak bisa mendaftar menjadi Anggota BMT HSI kembali.
- Mengisi Form Pengunduran Diri Menjadi Anggota BMT HSI: https://ke.hsi.id/Resign_BMTHSI
- Konfirmasi setelah mengisi Form Pengunduran Diri.
- Menerima File Surat Pengunduran Diri dari CS BMT HSI.
- Print File Surat Pengunduran Diri yang sudah diterima.
- Tempel dengan materai Rp10.000,-.
- Tanda tangan di atas meterai.
- Difotokan/scan dan dikirimkan balik via WA ke nomor CS BMT HSI.
- Mengirimkan Slip Penarikan dan Penutupan Simpanan Wajib dan Simpanan Salam/Tabungan Sakinah yang telah ditanda tangani, dengan rincian yang akan CS sampaikan detailnya.
- Menunggu jawaban dari manajemen BMT HSI.
- Setelah ada jawaban, menunggu kiriman via Email 3 kode OTP utk penutupan 3 Simpanan Anggota (Simpanan Pokok, Simpanan Wajib & Simpanan Salam).
- Mengirimkan balik kode OTP. (Harusnya ini langkah ke-14 menurut OCR, tetapi ada duplikasi nomor 13)
- Pengembalian Simpanan Salam/Saldo Utama Link.hsi.id, nominalnya dikembalikan seluruhnya tanpa ada potongan.
- Sedangkan pengembalian Simpanan Wajib, nominalnya menyesuaikan hasil laporan keuangan bulanan BMT HSI/ekuitas laba rugi & porsi nominal Simpanan Wajib tsb.
- Setelah ditransfer, maka secara sistem Pemohon sudah resmi keluar dari keanggotaan BMT HSI. (Harusnya ini langkah ke-15 menurut OCR)
- Selesai.
Catatan: Bagi yang melakukan pengunduran diri dari keanggotaan BMT HSI, tidak diperkenankan untuk mendaftar ulang kembali menjadi anggota BMT HSI. Info lebih lanjut dapat dikonsultasikan dengan CS BMT HSI (misal: wa.me/6282219922001, sesuaikan nomor CS).
Saya sudah menjadi anggota BMT HSI, apa saja syarat mengajukan pembiayaan murabahah ke BMT HSI?
Untuk angkatan yang telah melalui/lulus dari silsilah 5.3 dan telah mendapatkan transkrip nilai, bisa langsung mengajukan Pembiayaan Kredit Murabahah setelah menjadi Anggota BMT HSI.
Tetapi jika harga produknya di atas 10jt, maka wajib menunggu minimal 3 bulan setelah menjadi anggota BMT HSI baru diperkenankan untuk melakukan pengajuan Pembiayaan Kredit Murabahahnya.
Dokumen Persyaratan Awal Pengajuan Pembiayaan Kredit Murabahah
- FC KTP
- FC KK
- Slip gaji terakhir
- Rekening koran 3 bln terakhir
- Surat nikah
- KTP suami/isteri (bila sudah menikah)
- Foto Pemohon
- Foto Pasangan Pemohon
- Transkrip Nilai HSI
Jika kesulitan mengupload dokumen persyaratan bisa dilewati kemudian submit Form pembiayaan. Nanti bisa dilampirkan ulang ketika sudah difollow up oleh admin/marketing via WA.
Catatan: Dokumen yang tersebut di atas adalah untuk kepentingan administrasi awal, adapun jika dalam proses verifikasi dan analisa dibutuhkan adanya data tambahan, maka admin/marketing yang menangani akan meminta data tambahan.
Saya seorang wirausahawan, bisakah saya mengajukan pembiayaan di BMT HSI?
Bisa, dengan syarat slip gaji digantikan dengan surat keterangan penghasilan yang diisi dengan jujur dan ditandatangi di atas meterai 10.000.
Selain itu, melampirkan rek. Koran 3 bulan terakhir dan neraca laba/rugi dan atau laporan keuangan usaha selama 3 bulan terakhir.
Untuk memudahkan bagi yang belum terbiasa mencatat keuangan usahanya, agar dapat memanfaatkan aplikasi-aplikasi akuntansi sederhana/ pencatatan keuangan usaha sederhana yang banyak tersedia di playstore/IOS.
Bagaimana prosedur mengajukan/ alur pembiayaan murabahah BMT HSI?
- Pemohon mengajukan pembiayaan dengan mengisi formulir via link berikut: https://ke.hsi.id/murobahahbmt
- Petugas BMT HSI mensurvey ketersediaan barang dan harga ke vendor lokal.
- Petugas membuat simulasi transaksi untuk Pemohon. Jika sudah selesai bisa dipelajari dahulu. Jika cocok bisa dilanjutkan prosesnya, jika tidak bisa dibatalkan pengajuannya tidak mengapa.
- Verifikasi data, Analisa kelayakan dan Offering Letter.
- Pembelian barang ke vendor oleh BMT HSI atau wakil BMT HSI.
- Tanda tangan Akad dan serah terima barang.
Selesai.
Apa saja layanan jual beli di BMT HSI?
Q: Di BMT HSI bisa pinjam dana/oper kredit/pelunasan riba/gadai/kredit motor second?
A: Afwan, di BMT HSI saat ini baru sebatas melayani jual murabahah/taqsith saja. Adapun untuk oper kredit tidak dimungkinkan secara syariat.
Saat ini Layanan di BMT HSI ada Tabungan via Simpanan Sakinah dengan Akad Qordh, bisa dimanfaatkan sebagai Tabungan Umrah, Tabungan DP Pembiayaan Kredit Murabahah dll bebas sesuai keinginan anggota dan bisa diambil sewaktu-waktu.
Selain itu terdapat Layanan Pembiayaan Kredit Murabahah utk pembelian barang-barang elektronik, gadget, furniture, perabot, mesin2/alat2 usaha, motor, mobil (mobil baru & second) serta KPR Syari'ah (utk rumah/ruko unit ready & tanah/kavling saja). Selain itu belum bisa.
Kepada siapa saya harus berkonsultasi sebelum mengajukan pembiayaan murabahah ke BMT HSI?
Cs Pembiayaan: wa.me/6282219922002
Semua komunikasi & konsultasi terkait Pengajuan Pembiayaan Kredit Murabahah, baik dari DP, simulasi cicilan/Angsuran, tenor, pelunasan, Surat Keterangan Lunas, peminjaman BPKB untuk pajak, Balik Nama, dll, silakan langsung disampaikan ke Kabag Pembiayaan BMT HSI di atas.
Ketentuan Kredit Properti Seperti apa?
- Telah menjadi anggota BMT HSI minimal 3 bulan.
- Obyek telah berdiri 100%. Atau jika tanah, maka ditanyakan peruntukannya apakah sesuai dengan RDTRK.
- Status minimal SHGB dan telah memiliki IMB dan bukti pembayaran PBB (jika rumah lama) dan berkas legal tidak bermasalah/ganda dan sejenisnya.
- Ketentuan DP minimal 30%.
- Jangka waktu angsuran maximal 5 tahun.
Saya dihubungi oleh seseorang yang mengaku dari tim BMT HSI, mohon konfirmasinya.
Berikut kami sampaikan nomor-nomor official resmi yang bertugas di BMT HSI:
- 0822 1992 2001 - Layanan CS Keanggotaan
- 0822 1992 2002 - Layanan CS Pembiayaan
- 0822 1992 2003 - Layanan Pengadaan 1
- 0822 1992 2004 - Layanan Pengadaan 2
- 08 999 333 487 - Layanan Notifikasi & BroadCast
- 0897 9888 635 - Layanan Penagihan/Kolektor
- 0898 2211 117 - Marketing Ikhwan 1
- 0898-0041-133 - Marketing Ikhwan 2
- 0895 4059 35353 - Marketing Akhwat 1
- 0896 6690 0800 - Marketing Akhwat 2